|

Buddha Maitreya

Buddha Maitreya adalah Buddha universal, Buddha yang mendunia, adalah Buddha sukacita, Buddha kebahagiaan, Buddha keberuntungan, Buddha tawa-ria. Ikrar agung Buddha Maitreya adalah mengubah dunia yang kacau menjadi dunia damai sentosa, mengubah dunia yang penuh kekotoran dan kejahatan menjadi alam sukhavati, mengubah dunia yang penuh penderitaan menjadi bumi suci, mengubah bumi yang sedang terluka parah menjadi taman sukacita semesta yang paling sejati, paling bajik dan paling indah.

kenyataannya, di sepanjang sejarah umat manusia, kehidupan manusia dipenuhi oleh perbedaan, baik itu negara, ras, warna kulit, suku , agama, kebudayaan, idealisme,  adat istiadat, kebiasaan , bahasa, ataupun perbadaan miskin-kaya, cantik-jelek, pintar-bodoh. namun sesungguhnya, betapapun  banyaknya perbedaan, suara hati dan hasrat kalbu yang terdalam yang ada pada setiap individu adalah sama, yaitu :

  1. Sebuah kehidupan leluasa dan penuh sukacita;
  2. Sebuah keluarga yang bahagia dan harmonis;
  3. Sebuah lingkungan masyarakat yang rukan dan damai;
  4. Sebuah negara yang mandiri dan sentosa;
  5. Sebuah dunia yang mandiri dan gemilang, tenang dan damai!

disepanjang sejarah, jauh didalam lubuk hatinya setiap umat manusia berharap agar terhindar dari kondisi kelaparan, kemiskinan, kekurangan, jauh dari penderitaan, kilesa, kegalapan, dosa, kekotaran, dan kekacauan, jauh dari ketakutan dan ketidaktenangan, jauh dari bencana alam, peperangan, musibah dan malapetaka.

seruan lubuk kalbu yang terdalam dari setiap umat manusia ini menggugah buddha maitreya untuk datang ke dunia. Besarnya getaran panggilan kasih untuk mengakhiri semua betuk penderitaan. mendorong buddha maitreya-buddha yang melampaui batas ruang dan waktu untuk datang kedunia kita. oleh karena itu Buddha Maitreyalah jawaban atas jeritan hati umat manusia yang telah berlangsung ribuan, bahkan laksa masa.

Buddha Maitreya mengasihi alam semesta- langit, bumi, manusia, laksa mahluk dan benda, menghargai kemuliaan setiap kehidupan. oleh karena itu marilah kita meneladani keindahan kodrati Buddha Maitreya: bertutur kata Maitreyani, berteguh dalam hati Maitreyani, berprilaku Maitreyani, dan memancarkan wajah kasih Maitreyani. dengan demikian, kita bersama Buddha Maitreya   mewujudkan dunia universal, alam sukawati, bumi semesta yang paling sejati, paling bajik dan paling indah.

Leave a Reply

WordPress Themes